Home » » Mengapa Indonesia masuk kelompok Negara Gagal di Dunia?

Mengapa Indonesia masuk kelompok Negara Gagal di Dunia?


Mengapa bangsa Australia - yang dalam sejarah memiliki nenek moyang narapidana kriminal Kerajaan Inggris - kini termasuk 10 negara TERBAIK sebagai tempat tinggal manusia, dengan Kota Melbourne yang tingkat kriminalitasnya terendah di dunia? 

Mengapa Indonesia yang nenek moyangnya manusia santun, ramah, beradab, dan berbudi pekerti luhur kini masuk dalam kelompok negara gagal di dunia dengan tingkat korupsi nomor 3 didunia? Mengapa tingkat kriminalitas di Indonesia sangat tinggi? Mengapa moralitas masyarakat Indonesia sangat rendah? Semua itu bermuara pada SISTEM PENDIDIKAN. 

Para guru, pendidik, dan orangtua di Australia lebih khawatir jika anak mereka tidak jujur, tidak mau mengantre, tidak memiliki rasa peduli dan berempati, tidak hormat kepada orang lain, dan tidak memiliki etika sopan santun. Mereka tidak terlalu cemas bila anak-anaknya tidak bisa membaca, menulis, dan berhitung. 

Menurut mereka untuk membuat anak mampu membaca, menulis, menghitung, dan punya nilai akademik bagus hanya dibutuhkan waktu 3-6 bulan untuk belajar secara intensif. Tapi, untuk mendidik perilaku moral seorang anak, dibutuhkan waktu lebih dari 15 tahun. 

Baca, tulis, dan berhitung bisa diajarkan kapan saja, bahkan jika seandainya mereka sudah dewasa dan tua sekalipun. Sementara itu, mengajarkan etika dan moral waktunya sangat terbatas. Dimulai saat balita dan berakhir saat mereka kuliah. Selain itu, untuk mengubah perilaku moral orang dewasa yg terlanjur buruk, nyaris sebagian besar orang tidak mampu melakukannya.

POSTED BY Rahadi Teguh
POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Leave a Reply