Home » » Hati - Hati Air Isi Ulang

Hati - Hati Air Isi Ulang



Hasil penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menunjukkan banyaknya depot air minum isi ulang yang tidak memenuhi standar kelayakan sarana. Hal ini dapat berdampak pada kualitas air yang dijual.

YLKI melakukan penelitian dengan mengambil sampel 20 depot air minum isi ulang di 5 wilayah Jakarta. Hasilnya sejumlah depot kedapatan tidak memenuhi standar pengisian air ulang.

Dari 3000 depot air isi ulang hanya 19% yg memiliki perijinan. tidak memiliki kelayakan dan tanpa ijin usaha. Pemda memiliki kekuasaan untuk mengijinkan atau tidak suatu depot air isi ulang.

Pemerintahan daerah ini yang berhak untuk melakukan pengawasan. Banyak depot yang mencuci galon hanya dengan membilas, tidak disikat. Termasuk tidak menyalakan lampu ultraviolet untuk sterilisasi. "Lampu UV diragukan keasilannya, alat penyikat galon sudah tidak layak

Dari 20 depot yang disurvei, hanya 3 depot yang memenuhi standar pencucian galon dengan benar. 

Lihat aja truk - truk tangki yang ngangkut air di depot pengisian air isi ulang, kita kan gak tau gimana tuh dalemnya tangki truk itu. Jangan - jangan berkarat didalamnya kan kita tidak tau. Masih mau minum air yang kemungkinan sempat ditampung di tengki yang berkarat? Tapi ini kemungkinan lho... Manisnya hidup, anda yang menentukan :D kayak iklan aja.


POSTED BY Rahadi Teguh
DISCUSSION 0 Comments

Leave a Reply