Home » , » Desain Jaringan secara Hierarki

Desain Jaringan secara Hierarki

Jaringan?? Ya.. Jaringan Komputer.. Ini dapet tugas dari Pak Arief suruh posting tentang "Desain Jaringan secara Hierarki"

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu Jaringan Komputer.  
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). [sumber dari wiki].

Ya, Jarkom itu sebuah sistem yang didesain untuk menghubungkan komputer satu ke komputer lain. Lha seperti apa desain Jaringan Komputer secara Hierarki itu?? Terus Seperti Apa Fungsi Desain Jaringan komputer yang baik?? Ikuti Tulisan ini terus....





Desain jaringan secara Hierarki terdiri dari 3 layer :
  1. Layer Core (backbone) yaitu lapisan yang menyediakan tranportasi antar sites secara optimal
  2. Layer Distribution yaitu lapisan yang menyediakan koneksi berdasar kebijakan perusahaan ( policy-based connectivity). Pada lapisan ini biasanya dapat ditanami dengan beberapa aplikasi, seperti Firewall, Filtering, Queue (Bandwith Limiter), Captive Portal, dll.
  3. Layer Access (local) yaitu lapisan yang menyediakan workgroup/akses pengguna ke jaringan. Pada lapisan ini juga dapat ditanami dengan aplikasi seperti VLAN (Virtual LAN). Kemudian apa kegunaan VLAN ini?? Ikuti terusss tulisan ini...
VLAN (Virtual LAN) merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.

Kegunaan dari VLAN ini untuk menghindari Conclusion atau meminimalkan kekacauan pada jaringan. 




POSTED BY Rahadi Teguh
POSTED IN ,
DISCUSSION 1 Comment

One Response to : Desain Jaringan secara Hierarki

  1. Unknown says:

    rak mudeng aku mbah hahha
    pakanan opo iku
    sek tak wacane meneh
    mbok menowo mudeng X_X

Leave a Reply