Home » » Siswi SMPN 4 Jepara Coba Bunuh Diri

Siswi SMPN 4 Jepara Coba Bunuh Diri

Tidak Bisa Ambil Rapor karena Pembayaran Uang Gedung Kurang.

Berita berikut ini saya baca di koran harian Jawa Pos tgl 27 Desember 2009.

JEPARA - Seorang siswi kelas VII SMP Negeri 4 Jepara mencoba bunuh diri Rabu malam lalu (23/12). Gara-garanya, orang tua siswi bernama Ayu Amelia tersebut belum mengambil rapornya di sekolah.

Bocah perempuan berusia 12 tahun itu ditemukan orang tuanya gantung diri dengan dasi seragam sekolahnya di ruang tidur. "Saat saya masuk kamar tidurnya, dia sudah menggantung," kata Purwanto, ayah Ayu.

Nyawanya berhasil ditolong, setelah dilarikan ke Rumah Sakit Islam Sultan Hadlirin. Dugaan sementara, Ayu kesal karena rapor hasil ujian bersama beberapa waktu lalu tidak bisa diambil.

Purwanto mengungkapkan, buku rapor anaknya ditahan pihak sekolah karena dirinya tidak bisa melunasi kekurangan pembayaran uang gedung sekolah sebesar Rp 50 ribu dari total pembayaran Rp 300 ribu. Dia menyatakan, penghasilannya sebagai buruh mebel memang pas-pasan.

Menurut dia, setiap pekan dirinya hanya bisa membawa pulang uang Rp 100 ribu. Kondisi tersebut jelas membuat Purwanto kesulitan untuk memenuhi kewajiban melunasi uang gedung sekolah anaknya.

''Jujur saja, saya tidak memiliki uang untuk menutup kekurangan uang gedung tersebut. Anak saya pun kecewa karena tidak bisa melihat rapor seperti teman-temannya,'' ungkap Purwanto.

Hingga kemarin sore (25/12), belum ada keterangan resmi apa pun dari pihak sekolah. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Bunaji langsung menyatakan keprihatinannya. Dia pun menghubungi pihak kepala sekolah, begitu mendengar persoalan tersebut.

Kepada Radar Kudus, Bunaji menyatakan telah meminta Kepala SMP Negeri 4 Jepara agar tidak menyandera buku rapor siswa dengan alasan apa pun. Termasuk kekurangan uang gedung. ''Pendekatannya tidak bisa begitu. Kasihan anak itu,'' tegas Bunaji.

Seperti inilah pendidikan kita selama ini. Semoga jadi bahan pertimbangan para PEJABAT-PEJABAT.


POSTED BY Rahadi Teguh
POSTED IN
DISCUSSION 1 Comment

One Response to : Siswi SMPN 4 Jepara Coba Bunuh Diri

  1. waduh parah gan... :cd

    Eh gan, tukeran link yuk? :D

Leave a Reply