Home » , » Wahai Guru, Upgrade-lah ilmu dan pengalaman dengan mengikuti pelatihan

Wahai Guru, Upgrade-lah ilmu dan pengalaman dengan mengikuti pelatihan

Awal bulan Agustus 2016 ini, tepatnya mulai tanggal 1-5 Agustus 2016 diberi kesempatan mewakili guru mata pelajaran (C1) pemrograman dasar SMKN 8 Semarang untuk mengikuti Pelatihan Java Fundamental di SMKN 7 Semarang. Pelatihan ini adalah hasil kerjasama DitPSMK dengan Oracle Academy.

Pelatihan yang berlangsung selama 5 hari ini diikuti oleh guru-guru SMK yang kebanyakan berdomisili di Semarang dan sekitarnya walaupun ada 2 rekan guru yang datang agak jauh yaitu dari SMK Telkom Purwokerto. Salut, jauh-jauh dari Purwokerto semangat untuk mengupgrade ilmunya. Salam hangat untuk Bu Iis (teman 1 angkatan di PTIK Unnes) dan Bu Berlian. Terimakasih selama 5 hari kita berkelompok. :) untuk daftar peserta guru yang ikut pelatihan ini bisa dilihat di (http://smkn7smg.sch.id/news.php?readmore=295)

Untuk kegiatan dan materi pelatihannya sendiri peserta diajarkan untuk memahami dan menguatkan konsep dasar pemrograman berorientasi objek dengan menggunakan 3 buah software, yaitu yang pertama adalah Alice 3 (untuk memahamkan konsep OOP dengan ilustrasi animasi 3D), Greenfoot (untuk membuat game dengan konsep OOP yang nantinya bisa dimainkan di Android (apk)),dan software yang terakhir adalah Eclipse.

5 hari pelatihan memang sedikit menguras tenaga dan pikiran (Materi dan Tugas-tugas yang diberikan cukup lumayan banyak dan tiap hari pasti ada tugas yang harus diselesaikan. Ada Quiz teori yang juga harus diselesaikan, Mid Test dan Final Test yang harus memenuhi passing grade jika ingin mendapatkan Sertifikat dari Oracle). Pelatihan dimulai pukul 08:00 sampai dengan 17:00.

Berikut saya tampilkan beberapa hasil oleh-oleh dari pelatihan Java Fundamental 2016 di Semarang yang semoga ilmunya bermanfaat dan barokah.

 Diatas adalah sertifikat yang diberikan setelah mengikuti semua kegiatan pelatihan termasuk harus mengumpulkan semua tugas dan lulus dalam test mid dan final test.

Diatas ini adalah video animasi 3D yang dibuat dengan menggunakan software Alice 3. Pembuatan animasi ini cukup sederhana karena di software alice sudah disediakan objek-objek yang siap kita gunakan. Alice 3 ini sangat mudah digunakan karena di desain untuk belajar anak SD dalam memahami konsep OOP.

Diatas adalah video dari percobaan memainkan Game Chicken Fly Tap. Game ini adalah hasil pelatihan java fundamental 2016 kerjasama DitPSMK dan Oracle di SMKN 7 Semarang dibuat dengan software greenfoot.

Game dibuat oleh: Iis, Rahadi, Berlian

Karena kelompok kami maju pertama untuk presentasi hasil project kelompok yaitu membuat game android yang kami beri nama "Chicken Fly Tap" dan telah menyelesaikan semua tugas dan lulus mid dan final exam, kami pertama yang diberikan sertifikat oracle langsung oleh Pak Ferdiman dari DitPSMK.

Kemudian untuk yang ingin mencoba memainkan game sederhan yang kami buat selama pelatihan ini bisa di download di Play Store dengan link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.droidfoot.ChickenFlyTap

Terimakasih untuk semua rekan-rekan guru SMK yang mengikuti Pelatihan ini. Terimakasih untuk Pak Hatma Instruktur dari Oracle yang dengan sabar mengajari kami. Semoga ilmu yang didapat berkah, dan bisa di implementasikan di siswa siswi SMKN 8 Semarang.

POSTED BY Rahadi Teguh
DISCUSSION 1 Comment

One Response to : Wahai Guru, Upgrade-lah ilmu dan pengalaman dengan mengikuti pelatihan

  1. "izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)"

Leave a Reply