Home » » Sebelum kita tanya sama orang lain, kita pasti udah tanya dulu ke google

Sebelum kita tanya sama orang lain, kita pasti udah tanya dulu ke google

Selasa 14 Mei 2013. Kuliah E-learning. 2 jam di isi cerita. G paham kemana ini ceritanya. G fokus. Kadang nyambung, kadang enggak. Atau mungkin saya yg g fokus. Ah kayaknya enggak deh.

Menurut penelitian, siswa fokus dalam mengikuti pelajaran itu hanya di 15 menit awal.

Pada tahun 1996, dalam jurnal yang disebut National Teaching & Learning Forum dua profesor dari Indiana University - Joan Middendorf dan Alan Kalish - menggambarkan bagaimana penelitian tentang perhatian  manusia dan retensi berbicara terhadap nilai kuliah yang memakan waktu panjang. Mereka
mengutip sebuah studi tahun 1976 bahwa rinci pasang surut fokus siswa selama periode kelas yang khas. Membagi sesi menjadi menit per menit, penulis penelitian ini menentukan bahwa siswa membutuhkan tiga sampai periode lima menit menetap (settling down), yang akan diikuti oleh 10 sampai 18 menit dari fokus yang optimal.

Kemudian - tidak peduli seberapa baik guru atau seberapa menarik materi pelajaran - akan ada sebuah lapse (sebuah periode yang terlewat). Dalam bahasa lain, para siswa akan "kehilangan itu." Perhatian pada akhirnya akan kembali, tetapi dalam paket yang lebih singkat, turun "untuk tiga atau empat menit menjelang akhir kuliah standar," menurut laporan tersebut. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa, dan tentu saja hal itu dilakukan sebelum era texting dan tweeting, mungkin, rentang perhatian dari orang-orang muda saat ini telah menjadi bahkan lebih pendek, atau tentu lebih ditantang oleh gangguan.

Terus.. Yg bikin males berinteraksi di mata kuliah ini adalah ketika kita tanya bukan jawaban yg kita dapat, malah disuruh cari. Tp dengan penyampaian yg diputer puter gitu lah.

Jadi gini ya, ini penting. Dan ini mungkin juga jadi prinsip anak2 jaman sekarang yang serba IT.

"Sebelum kita tanya sama orang lain, kita pasti udah tanya ke google."

Anak-anak sekarang telah tumbuh dilingkungan digital yang maju. Tidak mengherankan jika mereka menggunakan mesin pencari unuk bermacam keperluan”

karena prosesnya lebih gampang tanya ke google dari pada ke orang lain, pasti berbelit apalagi ditanya dengan pertanyaan yg aneh, tabu dan lain lain.

Tapi yang jadi bahaya adalah ketika seorang anak bertanya kepada orang tuanya tentang apa itu pemerkosaan, lalu jawaban dari orang tua kurang memuaskan si anak. Dapet deh dari google penjelasan, gambar, beserta videonya. :D

Yakin ini. Jadi gitu

POSTED BY Rahadi Teguh
POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Leave a Reply