Home » Beda Paper, Journal, dan Proceeding

Beda Paper, Journal, dan Proceeding

Kalo mendengar kata-kata Paper, Journal, dan Proceeding mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang bergelut di bidang penelitian, studi, ataupun hanya sekedar untuk mencari tahu sudah sejauh mana perkembangan keilmuan dibidang - bidang tertentu.

Ya, melalui Paper, Journal, dan Proceeding kita bisa mengikuti perkembangan keilmuan yang sedang kita dalami. Pernah saya posting di blog ini juga mengenai referensi di dunia penelitian kalo tidak salah dengan judul Referensi Utama di Dunia Penelitian, Dalam penelitian ilmiah, referensi utama yang paling sahih adalah jurnal ilmiah.

Nah, sebelum kita jauh berbicara mengenai dunia penelitian. Sudah tahu belum apa beda Paper, Journal, dan Proceeding itu?

Kalo belum tahu, dalam postingan kali ini saya akan sedikit memberikan review mengenai ketiga kata diatas yang saya kumpulkan dari berbagai sumber di internet ini.


  • Paper adalah artikel ilmiah yang ditulis dalam format tertentu. Biasanya paper adalah hasil penelitian baru. Tetapi paper bisa juga merupakan review dari penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnya.

  • Jurnal (journal) adalah media (semacam majalah) tempat dipublikasikannya paper-paper. Jurnal yang baik memiliki mekanisme peer-review untuk menyeleksi untuk menentukan apakah sebuah paper yang di-submit ke jurnal tsb layak diterbitkan atau tidak.

  • Prosiding (proceeding) mirip dengan jurnal, juga merupakan tempat dipublikasikannya paper-paper. Beda prosiding dengan jurnal adalah, prosiding hanya menerbitkan paper-paper yang diseminarkan dalam seminar/conference tertentu. Juga, prosiding biasanya tanpa mekanisme peer review.
Jadi, bagaimana sekarang sudah sedikit mengertikan tentang Paper, Journal, dan Proceeding itu?

Nah berikut ini contoh cover proceeding 


POSTED BY Rahadi Teguh
POSTED IN
DISCUSSION 1 Comment

One Response to : Beda Paper, Journal, dan Proceeding

  1. "izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)"

Leave a Reply